Jumat, 29 April 2016

Cara Membuat Hotspot WiFi Menggunakan Komputer Dengan CMD Batch File

Sebelumnya admin telah membuat post tentang script jahil dan trick keren notepad. Hari ini admin akan mengajarkan cara membuat Hotspot WiFi dengan komputer anda melalui CMD/Command Prompt atau notepad batch file. Dengan ini anda bisa memancarkan internet dari modem anda, memancarkan internet dari USB tethering HP anda, dan koneksi internet lain yang terkoneksi dengan komputer anda.



1. Bukalah Command Prompt sebagai administrator pada komputer anda dengan menekan key Windows + R lalu ketiklah cmd dan tekan Enter.






2. Ceklah jika komputer anda dapat digunakan untuk pemancar Wi-Fi dengan mengetikkan command dibawah kedalam command prompt:

netsh wlan show drivers

Lalu tekan Enter. Lihatlah pada bagian Hosted network supported, jika tertulis Yes berarti komputer anda bisa digunakan untuk WiFi, jika tertulis No maka tidak bisa.


3. Berikutnya untuk membuat Hotspot Wi-Fi ketiklah command dibawah:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspot key=Password

Isilah bagian
NamaHotspot dengan nama Wi-Fi yang anda inginkan dan bagian Password dengan nama password WiFi yang anda inginkan. Lalu tekan Enter. Anda telah berhasil membuat Hotspot WiFi, tetapi belum dihidupkan dan belum ada koneksi internet.



 4. Untuk menghidupkan WiFi anda, ketikkan command dibawah:

netsh wlan start hostednetwork

Lalu tekan
Enter. Anda telah menghidupkan Hotspot Wi Fi anda tetapi belum ada koneksi internet.


5. Untuk memancarkan koneksi internet anda dengan Wi-Fi yang telah dibuat, bukalah Network and Sharing Center pada kompter anda melalui Control Panel atau dengan klik kanan pada icon WiFi/Internet pada pojok kanan bawah komputer anda.

6. Anda bisa melihat Hotspot WiFi anda pada bagian kanan. Lihat bagian Connections dan ingat namanya yang tertera disampingnya. Klik Change adapter settings. Lalu disini klik kanan pada koneksi internet yang ingin anda pancarkan dan pilih Properties.

7. Dalam properties bukalah tab Sharing, centang bagian Allow other network users to connect through this computer's internet connection,  dan pada bagian Select a private network connection pilihlah nama yang tadi tertera disamping Connections pada langkah 5. Klik OK. Anda telah berhasil menyambungkan koneksi internet dengan hotspot Wifi anda.

 8. Untuk melihat status detail WiFi anda ketikkan command dibawah:
netsh wlan show hostednetwork
Lalu tekan
Enter.


9. Untuk mematikan hotspot Wi-Fi anda, ketikkan command dibawah:
netsh wlan stop hostednetwork
Lalu tekan
Enter.
 
10. Anda telah berhasil membuat dan menggunakan WiFi Hotspot dengan CMD. 

Tips dan Trik:
  • Jika anda lupa password WiFi anda, anda bisa mengeceknya dengan mengetik command dibawah dalam CMD:

    n
    etsh wlan show hostednetwork security

    Lalu tekan Enter. Jika tidak bisa, bukalah CMD dengan membukanya sebagai administrator.
  • Anda juga bisa membuat command-command diatas menjadi batch file dalam notepad. Anda akan memerlukan 3 batch file: file membuat hotspot (isi dengan command di langkah 3), file menghidupkan hotspot (isi dengan command langkah 4), dan file (mematikan hotspot isi dengan command langkah 9). Untuk membuat batch file bukalah notepad, ketikkan command, dan save dengan format nama sebagai berikut: namafile.bat.
  • Anda juga dapat membuka post tentang script jahil dan script keren notepad dengan menggunakan batch (.bat) file dan lain-lain.
Itulah langkah langkah untuk membuat WiFi Hotspot dengan CMD semoga membantu dan happy blogging!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar